Jl. Lintas Sumatera, Seputih Jaya, Lampung Tengah

  • 0800 1503363
  • info@rshb-lampung.co.id

INDIKATOR MUTU NASIONAL

Hasil analisa :
  • Dari data tersebut ditemukan tren triwulan kearah negative yang berarti terjadi penurunan dari TW II ke TW III
Masalah :
  • Jumlah titik hundrub yang ada belum sesuai dengan kapasitas RS
  • Menurunnya tingkat kepatuhan kebersihan tangan
Rencana tindak lanjut :
  • Plan :
    • Pengajuan pengadaan perlombaan kebersihan tangan diseluruh unit
    • Pengajuan kepada direktur rencana penambahan titik handrub di ruang rawat inap
    • Melakukan pemantauan dan pendataan secara rutin oleh IPCN dan IPCLN
  • Do :
    • Membuat proposal perlombaan kebersihan tangan
    • Membuat titik hundrub di ruang rawat inap
    • Melakukan pengumpulan data capain kebersihan tangan
  • Study :
    • Masih ada petugas yang belum melaksanakan tindakan kebersihan tangan dikarenakan sebesar 16% dikarenakan jauhnya tempat untuk membersihkan tangan dan kurangnya kesadaran dalam melakukan kebersihan tangan dengan 5 moment
  • Action :
    • Pengajuan lomba kebersihan tangan
    • Menentukan jadwal kegiatan lomba kebersihan tangan
    • Melakukan monitoring dan evaluasi kepatuhan kebersihan tangan
Hasil Analisa :
  • Dari data tersebut ditemukan tren triwulan kearah negative yang berarti terjadi penurunan dari TW II ke TW III
  • kepatuhan penggunaan APD mengalami penurunan 4,41%, wilayah pelayanan yang palinng banyak ditemukan ketiidakpatuhan penggunaan APD di unit gizi, laundry dan CSSD
Rencana tindak lanjut :
  • Plan :
    • Resosialisasi penggunaan APD terutama di unit Gizi, laundry dan CSSD
    • Memonitoring data oleh PIC dan berkoordinasi dengan kepala unit
  • Do :
    • Melakukan resosialisasi APD oleh IPCN
    • Pengumpulan data dilakukan di unit pelayanan
    • Melakukan Analisa data
  • Study :
    • Ditemukan ketidak patuhan penggunaan APD terutama staf di instalasi Gizi, Laundry dan CSSD
  • Action :
    • Melakukan resosialisasi penggunaan APD
    • Melakukan monitoring dan evaluasi kepatuhan penggunaan APD
Hasil Analisa :
  • Dari data tersebut dapat dilihat terjadi peningkatan pada TW III sebesar 2,3%
Rencana tindak lanjut :
  • Plan :
    • Mengupayakan capaian target 100%
    • Mengamati petugas dalam mengidentifikasi pasien
    • Mengamati kelengkapan pengisian form kepatuhan identifikasi pasien
  • Do :
    • Melakukan pengumpulan data dan Analisa data
    • Melakukan supervise kegiatan identifikasi pasien di damping oleh SKP
  • Study :
    • Dari data tersebut dapat dilihat terjadi peningkatan pada TW III sebesar 2,3% dibandingkan TW II yang berarti masih ada petugas yang belum melakukan identifikasi pasien secara lengkap.
  • Action :
    • Monitoring dan evaluasi kepatuhan identifikasi pasien
    • Pendampingan dalam melakukan identifikasi pasien oleh tim SKP
Hasil Analisa :
  • Waktu tanggap seksio sesarea sudah tercapai 100% selama tiga triwulan yang artinya seluruh staf yang berhubungan dengan Tindakan operasi telah berkoordinasi dengan baik.
Rencana tindak lanjut :
  • Plan :
    • Mempertahankan capaian indikator
    • Mengamati jadwal SC emergency
    • Melakukan pencatatan data capaian
  • Do :
    • Pengumpulan data Tindakan yang dilakukan di kamar bedah
    • Data dikumpulkan oleh pengumpul data di kamar bedah dan koordinasi dengan PIC tim mutu
    • Data dikumpulkam berdasarkan waktu tanggap SC emergency
    • Melakukan penilaian data dan Analisa data
  • Study :
    • Telah ditemukan rata-rata capaian Tindakan operasi sc emergency telah tercapai 100% diatas data capaian minimal KEMENKES
  • Action :
    • Melakukan monitoring dan evaluasi capaian indikator
Hasil Analisa :
  • Rata-rata capaian waktu tunggu rawat jalan didapatkan 100% di atas capaian KEMENKES
Rencana tindak lanjut :
  • Plan :
    • Mempertahankan capaian waktu tunggu rawat jalan
    • Berkoordinasi dengan DPJP jika ada keterlambatan untuk diinfokasn sebelum jam praktek dimulai
  • Do :
    • Melakukan konfirmasi ulang dokter spesialis setiap 1 jam sebelum jadwal poliklinik dokter spesialis dimulai
    • Melakukan pengumpulan data dan Analisa data
  • Study :
    • Rata-rata capaian waktu tunggu rawat jalan adalah 100% artinya pasien mendapatkan pelayanan dari registrasu sampai passion mendapatkan pelayanan ≤ 60 menit sudah tercapai target
  • Action :
    • Monitoring dan evaluasi dalam pelayanan waktu tunggu rawat jalan
Hasil Analisa :
  • Dari data tersebut diatas dapat dilihat rata-rata hassil caoaian 0% yang artinya Tidak terjadi penundaan operasi elektif di rumah sakit harapan bunda
Rencana tindak lanjut :
  • Plan :
    • Mempertahankan capaian indikator
    • Melakukan pencatatan data capaian
  • Do :
    • Pengumpulan data Tindakan yang dilakukan di kamar bedah
    • Data dikumpulkan oleh pengumpul data di kamar bedah dan koordinasi dengan PIC tim mutu
    • Data dikumpulkam berdasarkan perhitungan penundaan operasi elektif
    • Melakukan penilaian data dan Analisa data
  • Study :
    • Telah ditemukan rata-rata capaian Tindakan operasi sc emergency telah tercapai 100% diatas data capaian minimal KEMENKES
  • Action :
    • Melakukan monitoring dan evaluasi capaian indikator
Hasil Analisa :
  • Dari data diatas dapat dilihat ada penurunan angka kepatuhan di kepatuhan waktu visit dokter walaupun sudah tercapai sesuai standar KEMENKES
Rencana tindak lanjut :
  • Plan :
    • Mempertahankan diatas capaian standard ari KEMENKES
    • Mengecek pengisian waktu visit dokter
    • Melakukan supervise pengisi data capaian
  • Do :
    • Pengumpulan data dilakukan di rawat inap
    • Data dikumpulkan oleh PIC data
    • Data dikumpulkan berdasarkan perhitungan kepatuhan jam visit dokter
  • Study :
    • Ada penurunan angka kepatuhan di kepatuhan waktu visit dokter di TW III sebesar 0,5% dibandingkan TW II walaupun sudah tercapai sesuai standar KEMENKES
  • Action :
    • Melakukan monitoring dan evaluasi capaian indikator
Hasil Analisa :
  • Didapatkan rata-rata pelaporan hasil kritis laboratorium sebesar 100% yang artinya seluruh staf sudah mengetahui nilai kritis laboratorium dan cara pelaporan hasil kritis menggunakan prinsip READBACK
Rencana tindak lanjut :
  • Plan :
    • Mempertahankan nilai capaian indikator
    • Mengamati waktu petugas dalam melaporkan hasil test kritis lab ke dokter
  • Do :
    • Pengumpulan data dilakukam di laboratorium berdasarkan perhitungan waktu lapor hasil test kritis lab
    • Melakukan Analisa data
  • Study :
    • Didapatkan rata-rata pelaporan hasil kritis laboratorium sebesar 100% yang artinya seluruh staf sudah mengetahui nilai kritis laboratorium dan cara pelaporan hasil kritis menggunakan prinsip READBACK mencapai target ≤ 30 menit.
  • Action :
    • Monitoring dan evaluasi capaian indikator
Hasil Analisa :
  • Didapatkan rata-rata kepatuhan penggunaan Fornas sebesar 100% yang artinya seluruh dokter sudah patuh dalam menuliskan resep seusai FORNAS.
Rencana tindak lanjut :
  • Plan :
    • Mempertahankan nilai capaian indikator
    • Mengamati petugas yang mengecek resep
    • Melakukan pendataan pengisian form kepatuhan pengguunaan fornas
  • Do :
    • Pengumpulan data dilakukan difarmasi berdasarkan perhitungan kepatuhan penggunaan fornas
    • Penilaian dan Analisa data
  • Study :
    • Didapatkan rata-rata kepatuhan penggunaan Fornas sebesar 100% yang artinya seluruh dokter sudah paham dalam penulisan resep seusai Fornas
  • Action :
    • Melakukan monitoring dan evaluasi capaian mutu
Hasil Analisa :
  • Didapatkan rata-rata kepatuhan penggunaan Fornas sebesar 100% yang artinya seluruh PPA sudah menjalankan pelayanan kasus HT, DM dan TB paru sesuai dengan CP.
  • Dapat dilihat lama hari rawatan pasien sudah sesuai dengan CP yaitu 2-3 hari.
  • Tidak ditemukan varian dalam pelayanan kasus HT, TB paru dan DM
  • Didapatkan dampak efektifitas dari sisi biaya
Rencana tindak lanjut :
  • Plan :
    • Mempertahankan nilai capaian indikator
    • Mengamati PPk-CP yang dilakukan PPA
    • Pengisian form kepatuhan CP
  • Do :
    • Pengumpulan data dilakukan dirawat inap berdasarkan perhitungan kepatuhan terhadap clinical pathway
    • Penilaian dan Analisa data
  • Study :
    • Didapatkan rata-rata kepatuhan terhadap CP sebesar 100% yang artinya seluruh PPA sudah paham dalam pelayanan yang akan dilakukan pada kasus TB paru, HT dan DM
    • Dapat dilihat lama hari rawatan pasien sudah sesuai dengan CP yaitu 2-3 hari.
    • Tidak ditemukan varian dalam pelayanan kasus HT, TB paru dan DM
  • Action :
    • Melakukan monitoring dan evaluasi capaian mutu
    • Melakukan audit medis
    • Membuat laporan capaian efektifitas biaya yang telah dicapai sehingga tercapain efektivitas dampak biaya
Hasil Analisa :
  • Rata-rata nilai capaian kepatuhan upaya pencegahan risiko jatuh kepatuhan upaya pencegahan risiko jatuh telah dilakukan 100% artinya kepatuhan upaya pencegahan risiko jatuh sudah mencapai target.
Rencana tindak lanjut :
  • Plan :
    • Membuat revisi SPO asessmen risiko jatuh jatuh Get Up & Go di Rawat Jalan
    • Mempertahankan hasil capaian indikator
  • Do :
    • Pengumpulan data di unit layanan dan berdasarkan perhitungan kepatuhan upaya pencegahan risiko jatuh
    • Melakukan sosialisasi SPO asessmen risiko jatuh jatuh Get Up & Go di Rawat Jalan
    • Analisa data
  • Study :
    • Rata-rata nilai capaian kepatuhan upaya pencegahan risiko jatuh kepatuhan upaya pencegahan risiko jatuh telah dilakukan 100% artinya kepatuhan upaya pencegahan risiko jatuh sudah mencapai target.
  • Action :
    • Monitoring dan evaluasi data capaian
Hasil Analisa :
  • Rata-rata capaian indikator kecepatan waktu tanggap complain di RS Harapan Bunda Lampung Tengah adalah 100% yang artinya petugas sudah paham
Rencana tindak lanjut :
  • Sosialisasi SPO Handling Komplain
  • Pertahankan waktu tanggap terhadap komplain pelayanan rumah sakit
  • Penambahan Aplikasi Suara Kita untuk mempermudah rumah sakit menerima pesan, saran atau keluhan dari pasien.
Hasil Analisa :
  • Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa mutu indikator kepuasan pasien di rumah sakit harapan bunda sudah sesuai dengan indikator KEMENKES dan mampu mempertahankan capaian mutu selama 3triwulan yaitu sebesar 100%
Rencana tindak lanjut :
  • Plan :
    • Mempertahankan capaian
    • Mengajukan pengumpulan survey kepuasan pasien by android
  • Do :
    • Pengumpulan data dilakukan di rawat inap dan rawat jalan berdasarkan perhitungan kepuasan pasien dan keluarga
    • Pengajuan SPO pengisian survey kepuasan pasien dan keluarga by android
    • Melakukan Analisa data
  • Study :
    • Rata-rata kepuasan pasien yaitu sebesar 100% yang artinya pasien dan keluarga puas terhadap pelayanan.
  • Action :
    • Monitoring dan evaluasi data capaian
    • Pengajuan SPO survey kepuasan dan soasialisasi kegiatan